1000 Lebih Siswa-siswi MA Al-Azhar dan MTs Ma’arif Andong Berziarah Pendiri Ponpes Zumrotut Tholibin

Rabu, 17 Juli 2019 seluruh siswa MA Al-Azhar dan MTs Ma’arif Andong Yayasan Zumrotut Tholibin mengunjungi Makam Siti Inggil di Kacangan, Andong, Boyolali. Kegiatan ini dalam rangka ziarah pendiri Pondok Pesantren ZumrotutTholibin, yaitu Almaghfurlah K.H. Zuhdi Hasan.

Almagfurlah K.H. Zuhdi Hasan adalah pendiri pondok pesantren Zumrotut Tholibin. Beliau berasal dari Cabean,Purwodadi. Awalnya, dulu beliau mendapatkan perintah dari gurunya untuk menyebarluaskan ajaran agama islam (babat alas) di Boyolali dan sekitarnya, tepatnya di Andong, Boyolali. Beliau lalu mendirikan Pondok Pesantren Zumrotut Tholibin yang merupakan pondok tertua di Kabupaten Boyolali dan biasa orang menyebutnya Pondok Kacangan. Dalam perkembangannya, didirikan pula sekolah formal MA Al-Azhar dan MTs Ma’arif Andong. Beliau wafat pada tahun 1948 dan dilanjutkan oleh putra-putri, cucu, dan dzuriyah sampai saat ini. Itulah diantara cerita yang disampaikan Bapak Anshor Budiyono, S.Ag kepada para siswa saat di makam.

Tujuan mengunjungi makam pendiri pondok pesantren ini diantaranya adalah untuk mengenalkan sejarah pendiri Pondok Pesantren Zumrotut Tholibin kepada para siswa, orientasi pembelajaran nilai Ahlussunah Wal Jama’ah (dzikir tahlil),  dan mengenalkan sejarah penyebaran islam di Boyolali dan sekitarnya.

 

Dzikir dan tahlil para siswa dan guru ini dipimpin oleh K. Zaenal Abidin selaku sesepuh Pondok Pesantren Zumrotut Tholibin. Setelah selesai melaksanakan dzikir tahlil, para siswa beristirahat di halaman masjid dan menerima pembagian roti dan minuman yang dibagikan oleh petugas OSIS MTs Ma’arif dan MA Al-Azhar Andong.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *